Sunday, December 30, 2007

Seberapa beratkah situs anda ?

. Sunday, December 30, 2007

Pernahkah anda merasa bahwa situs terasa semakin berat, sehingga dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk menampilkannya. Tersangka pertama yang ada di benak kita pasti jaringan internet yang buruk. Terlepas dari masalah jaringan internet, inginkan anda mengetahui seberapa beratkah situs anda dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk menampilkan situs anda, Jika anda tertarik silahkan klik disini atau kunjungi di alamat ini : http://www.webpageanalyzer.com/ . Informasi ini saya peroleh sewaktu jalan jalan sore dari blog ke blog dan berlabuh diblog kang heri di http://edittag.blogspot.com/.


Layanan ini anda cukup memasukan alamat situs anda untuk ditimbang (beras kali ditimbang he he) dan dihitung kecepatannya. Setelah dihitung anda akan dapatkan informasi mengenai analisis dan rekomendasi mengenai situs anda. Jika situs anda telah memenuhi criteria ringan saya ucapkan selamat, tapi jika anda termasuk situs yang berat saya ucapkan selamat anda bergabung dalam kelompok saya yakni gerombolan si berat (emangnya donald duck he he).

Jika saya perhatikan hasil dari page analyzer tersebut diatas ternyata yang paling memberatkan situs saya adalah object atau gambar. Lalu saya cari cari di internet how supaya gambar kita tuh bisa ringan tanpa merubah nilai estetis dari gambar tersebut. Ternyata untuk mendapatkan gambar yang tepat. Ada beberapa tips yang saya peroleh yakni :

  • Gunakan File GIF untuk gambar2 yang tidak terlalu membutuhkan kombinasi warna yang banyak contoh logo. File GIF bisa menampilkan warna sampai 256 warna.
  • Jika terpaksa menggunakan File jenis JPEG atau JPG, karena ingin menampilkan foto dengan kualitas baik, jangan pernah mengatur ukuran gambar (resizing) gambar di HTML. Gunakanlah software pengolah gambar contoh Photoshop. File JPEG bisa menampilakn jutaan warna sehingga berat filenya pun besar.
  • Sebelum menggunakan file JPEG cobalah untuk mengubahnya menjadi file GIF terlebih dahulu (beratnya bisa turun setengahnya bozz --diet ketat he he he--). Jika kualitas file GIF yang dihasilkan mengecawakan barulah gunakan File JPEG anda.

Untuk postingan kali ini duh dulu ya, gak sabar ni mau baca cara optimize jpeg images katanya sih bisa nurunin banyak dan gak ada efek samping nya he he he.

wassalam

 
Wildan's Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com